Jumat, 29 November 2019

No Telp RSCM Kencana: Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini


No Telp RSCM Kencana: Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

Di zaman sekarang banyak sekali penyakit berbahaya yang bermunculan. Jika selama ini kanker menjadi salah satu penyakit mematikan yang sangat ditakuti, ada jenis penyakit lainnya yang tak kalah mengerikan yaitu penyakit jantung. Penyakit jantung bisa merenggut keselamatan jiwa penderitanya sewaktu-waktu, terlebih jika tidak mendapatkan penanganan yang baik. Penyakit jantung yang terjadi bisa disebabkan karena mengalami kelainan pada organ vital itu sendiri, namun juga bisa juga dikarenakan pola hidup yang tidak sehat. Meskipun banyak sekali rumah sakit dengan layanan penyakit jantung berkualitas terbaik, seperti RCM Kencana dengan no telp RSCMKencana (link ke ) untuk Unit Pelayanan Jantung Terpadu (PJT) di 021-3924242 atau 021-3914684, namun sebaiknya hindari sedini mungkin agar tidak mengalami kondisi kesehatan yang satu ini.

Di Indonesia, penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan tertinggi. Kebanyakan penyebab penyakit ini menyerang mereka yang memiliki gaya hidup kurang sehat, seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dengan kadar kolesterol tinggi, mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, dll. Sehingga agar jantung dalam kondisi sehat selalu, Anda perlu menghindari apa saja yang menjadi pemicunya.

Untuk menjaga kesehatan jantung terbilang cukup mudah dilakukan. Adapun cara yang bisa dilakukan sejak dini demi kesehatan jantung, antara lain:

  1. Mengkonsumsi makanan yang sehat.
Agar kesehatan jantung terjaga, cukupi konsumsi tubuh dengan asupan makan yang bernutrisi baik dan rendah kalori. Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman kaleng yang mengandung pemanis buatan karena sangat tinggi bahan pengawetnya dan kalorinya kosong. Sebaliknya konsumsi makanan dari buah dan sayur-sayuran karena baik untuk kesehatan jantung. Ganti camilan sehari-hari Anda dengan makanan dari kacang-kacangan karena kaya akan protein dan lemak sehat.

  1. Rutin berolahraga.
Olahraga yang dilakukan tidak perlu yang berat-berat dan berdurasi lama. Cukup dengan melakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya juga sudah cukup berkontribusi bagi kesehatan jantung. Anda bisa memilih jenis olahraga yang ringan dan sesuai dengan Anda, seperti lari, berenang, bersepeda, dll.

  1. Menghindari kebiasaan merokok.
Sudah bukan hal baru lagi jika kebiasaan merokok memang tidak bagus untuk kesehatan. Dimana bisa menyebabkan gangguan kesehatan, seperti penyakit paru-paru, kanker mulut, hingga penyakit jantung. Mengingat kebiasaan ini memang butuh usaha ekstra untuk menghentikannya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar bisa mengetahui langkah-langkah yang bisa dilakukan.

  1. Menjaga berat badan tetap ideal.
Obesitas atau kelebihan berat badan sangat erat kaitannya dengan penyakit cardiovascular. Pada orang gemuk memiliki resiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung coroner dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan ideal atau normal. Tubuh yang gemuk bisa meningkatkan gangguan detak jantung, gagal jantung, stroke, hingga pembekuan darah. Oleh karena itu, usahakan berat badan tetap ideal agar jantung Anda tetap sehat.

  1. Mengelola stress dengan baik.
Mungkin selama ini Anda meremehkan stress karena tidak mengetahui dampak buruknya. Padahal kondisi ini selain mempengaruhi kesehatan psikologi, juga turut memicu timbulnya penyakit jantung. Maka dari itu, jika stress mulai menyerang, istirahatkan diri dan bersantai sejenak sambil menikmati suasana sekitar agar tidak terlalu suntuk dengan segala aktivitas yang sedang dikerjakan. Anda bisa mengkombinasikan aktivitas santai namun menyehatkan, seperti dengan bersepeda.

Itu tadi beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung sejak dini. Untuk Anda yang mengalami gejala masalah dengan kesehatan jantungnya, pastikan segera memeriksakan diri ke rumah sakit yang sudah memiliki layanan jantung, seperti RCM Kencana dengan no telp RSCM Kencana untuk Unit Pelayanan Jantung Terpadu (PJT) di 021-3924242 atau 021-3914684, agar mendapatkan penanganan atau pengobatan yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar