Kamis, 16 Januari 2020

Ketumbar, Rempah yang Memiliki Banyak Manfaat buat Tubuhmu


Ketumbar, Rempah yang Memiliki Banyak Manfaat buat Tubuhmu

Siapa yang tidak kenal dengan ketumbar? Rempah yang berbentuk biji-biji kecil ini, ternyata ketumbar memiliki banyak manfaat loh. Selain sebagai bumbu masakan, sering kali ketumbar digunakan dalam bidang kesehatan loh. Beberapa penelitian ilmiah telah berhasil membuktikan manfaat ketumbar dalam bidang kesehatan.

Dalam bidang kesehatan, ketumbar sering digunakan untuk mengatasi sakit perut, kehilangan nafsu makan, hingga diare. Menggunakan ketumbar pun tergolong mudah, cukup merendam ketumbar dengan air semalaman penuh dan dapat langsung di minum. Mudah bukan?

Bagi kamu yang penasaran dengan manfaat ketumbar, tim rumah123.com telah merangkum beberapa manfaat ketumbar di bidang kesehatan yang menarik untuk disimak.

1.     Menyehatkan Kulit
Pada tahun 2015, ketumbar terbukti secara ilmiah dapat menyehatkan kulit. Bagian ketumbar yang di manfaatkan adalah bagian daun. Proses pemanfaatan daun ketumbar dilakukan dengan menumbuk daun dan diperas airnya. Air tersebut dioleskan kepada kulit untuk mencegah photoaging.

Selain daun ketumbar, biji ketumbar juga mampu mengobati jerawat pada wajah. Kandungan vitamin yang lengkap dapat menyeimbangkan kadar air dalam kulit wajah, serta mampu mengurangi kotoran yang menyumbat di pori-pori. Caranya sangat mudah, yakni cukup menumbuk biji ketumbar dan campur dengan air, lalu gunakan sebagai masker pada wajah.

2.     Mengurangi Gejala Artritis
Manfaat ketumbar yang lain adalah mengurangi gejala artritis. Manfaat ini bisa kamu dapatkan karena ketumbar mengandung minyak atsiri dan antibiotik yang kuat. Kombinasi keduanya dapat mengurangi peradangan bahkan pembengkakan pada persendianmu. Ketumbar juga memiliki karakter anti-rematik saat masuk ke dalam tubuh.

Anti rematik pada ketumbar bisa membantu mengurangi rasa nyeri saat sendi-sendi kamu sedang meradang. Kamu dapat meminum air rendaman ketumbar secara rutin untuk mengurangi gejala artritis. Selain itu, kamu juga bisa membuat krim oles menggunakan ketumbar untuk dioleskan di bagian persendian yang sedang mengalami nyeri.

3.     Meningkatkan Kesehatan Saraf
Salah satu manfaat ketumbar adalah meningkatkan kesehatan saraf. Zat linalool pada ketumbar dapat mengurangi tingkat kecemasan yang dialami oleh seseorang. Selain itu, zat ini mampu mengurangi risiko terjadinya kejang atau epilepsi. Daun ketumbar juga dapat dimanfaatkan sebagai ramuan untuk mencegah alzheimer.

Kandungan lainnya pada biji ketumbar adalah beta karoten atau vitamin A. Seperti yang banyak diketahui bahwa vitamin A sangat ampuh untuk menyehatkan saraf penglihatan atau mata. Mengkonsumsi air rendaman ketumbar secara rutin dapat mengeluarkan racun-racun dalam otak, sehingga seluruh sistem saraf menjadi lebih sehat.

4.     Mencegah Risiko Komplikasi Jantung
Ketumbar berkhasiat untuk mengurangi risiko komplikasi jantung. Ketumbar mampu menghambat agregasi trombosit yang mana agregasi ini salah satu penyebab penyakit jantung. Dengan menambahkan ketumbar sebagai bumbu menu harian, kamu dapat mengurangi risiko komplikasi jantung seperti prediabetes dan diabetes tipe 2.

Ketumbar memiliki karakter anti lemak atau disebut dengan lipid. Lipid berfungsi dalam menurunkan produksi plak pada pembuluh darah bagian jantung. Saat pembuluh darah jantung kamu selalu bersih dari plak, maka kamu akan terhindar dari penyakit komplikasi jantung. Maka dari itu, mulailah rutin mengkonsumsi air rendaman ketumbar ya!

Itulah beberapa manfaat ketumbar yang telah kami rangkum. Setelah mengetahui semua manfaat tersebut, apakah kamu sudah tertarik untuk coba minum air rendaman ketumbar? Jangan khawatir, selain diminum kamu dapat mengkreasikan ketumbar dengan bumbu masakan yang lain sehingga menghasilkan makanan yang sehat untukmu. Yuk coba mulai sekarang!

0 komentar:

Posting Komentar