Selasa, 09 Juni 2020

4 Cara Mengatasi Ruam Popok Yang Wajib Ibu Ketahui


4 Cara Mengatasi Ruam Popok Yang Wajib Ibu Ketahui

Tahukah anda bahwa popok sekali pakai ini terdiri atas dua jenis, yaitu model perekat dan model celana? Hal tersebut dapat disesuaikan dengan keaktifan si kecil, sehingga sangat praktis saat memakainya. Keduanya memiliki risiko muncul ruam di kulit si kecil jika terlalu ketat, sehingga harus berhati hati dalam memakaikan popok pada anak. Cara mengatasi ruam popok ini terdiri atas beberapa hal dan disertai produk perawatan yang tepat. Yuk cek di bawah ini!

Cara Ampuh Atasi Ruam di Kulit Bayi

Menjaga kebersihan adalah hal yang penting, termasuk sebelum dan sesudah mengganti popok si kecil. Pastikan anda selalu mencuci tangan sebelum mengganti popok agar bakteri yang ada di tangan tidak berpindah ke kulit bayi. Setelah itu, periksalah popok bayi secara berkala agar tidak terlambat untuk menggantinya. Kulit bayi yang masih sensitif harus dijaga agar tidak lembap dan kotor karena bakteri dapat bersinergi dengan tinja, sehingga timbul ruam di kulit.

Cara ampuh kedua ini gunakan air bersih saat membersihkan kulit si kecil agar benar benar bersih dari sisa kotoran. Anda dapat mengelap kulit yang tertutup popok dengan hati hati agar tidak melukai kulitnya. Jika perlu, anda juga dapat memakai sabun agar lebih higienis. Pilihan lainnya, dapat pula memakai tisu basah untuk membersihkan sisa sisa kotoran yang menempel di kulit. Pastikan memilih tisu basah yang tidak mengandung alkohol atau pewangi.

Cara mengatasi ruam popok ketiga, pastikan kulit kering setelah dibersihkan dengan air atau tisu basah dengan memakai kain yang bersih. Pilihlah kain yang lembut dan tepuk tepuk dengan lembut, hindari menggosok kulitnya. Hal ini bertujuan agar tidak melukai kulit si kecil yang sedang luka atau lecet. Pastikan kulit si kecil bersih dan kering sebelum memakaikannya popok yang baru, dengan didahului dengan produk perawatan kulit seperti bedak atau minyak.

Tips untuk membersihkan kulit si kecil yang sedang lecet adalah dengan menggunakan botol penyemprot air. Botol ini diisi air bersih, lalu disemprotkan ke area yang tertutup popok. Lalu anda dapat membersihkannya dengan menepuk nepuk area tersebut dan hindari menggosok kulit yang iritasi. Pastikan handuk yang dipakai memiliki serat lembut atau lap yang ringan agar tidak semakin melukai kulitnya. Selain itu, pastikan kulit selalu kering dan tidak lembab.

Perawatan Ruam yang Ibu Wajib Tahu
Perawatan yang dapat dilakukan untuk menenangkan kulit yang luka adalah dengan memberi krim, salep, atau bedak. Anda dapat membawanya ke dokter agar memperoleh obat sesuai resep, sehingga menghindari risiko yang tinggi. Cara mengatasi ruam popok ini biasanya memakai produk yang mengandung zinc oxide atau petrolatum. Oleskan produk tersebut ke area yang tertutup popok agar kulit lebih tenang dan bercak kemerahannya segera hilang.

Jika anda diresepkan obat yang berupa bedak tabur, pastikan tidak mengenai mata si kecil agar tidak membahayakan penglihatannya. Anda harus memakai bedak tersebut secara pelan pelan agar tidak terbang dan terhirup oleh si kecil. Tidak hanya penglihatan, obat ini juga dapat membahayakan pernapasan si kecil jika terhirup. Tips mengaplikasikannya adalah letakkan di tangan, lalu tepuk tepuk ke area yang tertutup oleh popok agar dapat menenangkan kulit si kecil.

Tips perawatan lainnya adalah dengan mengganti jenis popok yang biasa digunakan karena beberapa merk dapat menyebabkan ruam. Anda dapat mencoba berbagai varian atau merk lain agar dapat mengurangi ruam di kulit. Selain itu, anda juga dapat mengganti detergen yang biasa digunakan karena iritasi si kecil dapat dipengaruhi detergen. Pilihlah produk yang mengandung hipoalergenik dan dapat menambahkan cuka saat membilas baju baju si kecil.

Apakah anda pernah mengganti popok yang biasa dipakai sang buah hati? Anda dapat mencoba cara mengatasi ruam popok dengan mengganti ke merk merries dengan melihat ulasan produk melalui merries.co.id. Hal tersebut dapat membantu mengurangi ruam karena permukaan popok yang lembut dan dilengkapi sirkulasi udara. dipastikan kulit si kecil tidak lembap dan selalu bersih, sehingga anti ruam dan membuat ibu tidak khawatir lagi. Jadi tunggu apa lagi?

0 komentar:

Posting Komentar