Sabtu, 25 Juli 2020

Pahami 4 Istilah Ini Sebelum Mengajukan Kredit Mobil

Pahami 4 Istilah Ini Sebelum Mengajukan Kredit Mobil
Ada satu hal penting yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit pembeliaan mobil, yaitu melakukan simulasi kredit Mitsubishi di Dipo Star. Sebab, dengan melakukan hal ini Anda jadi bisa tahu berapa besaran biaya cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Nah setelah Anda yakin kondisi finansial Anda siap untuk menanggung biaya cicilan bulanan setelah pengajuan kredit diterima, hal lain yang harus Anda pahami adalah mengenai beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia kredit.

Sama seperti jenis pinjaman pada umumnya, kredit mobil mewajibkan para nasabahnya untuk mencicil pembayaran per bulannya. Perhitungan besaran cicilan kendaraan bisa berbeda pada setiap orang, tergantung pada pokok besarnya pinjaman yang Anda ambil, dan juga suku bunga yang berlaku serta tenor pinjaman..

Pokok pinjaman
Pokok pinjaman sendiri adalah besaran nilai pinjaman Anda, yaitu harga mobil dikurangi DP atau uang muka yang Anda bayarkan. Mengenai asuransi mobil dan biaya administrasi yang nantinya akan dibebankan, setiap perusahaan pembiayaan memiliki kebijakan yang berbeda apakah akan memasukkannya ke dalam pokok pinjaman atau tidak.

Suku bunga
Suku bunga akan bergantung pada kebijakan yang sedang berlaku dari Bank Indonesia dan juga tenor pinjaman. Semakin pendek tenor yang Anda pilih, maka suku bunga yang dibebankan bisa semakin kecil tetapi nilai cicilan akan menjadi besar. Jika tenor pinjaman yang dipilih panjang, maka suku bunga akan menjadi besar tetapi nilai cicilan lebih ringan. Kondisi ini terjadi karena pembagi pokok pinjaman akan semakin besar dengan semakin laanya tenor, jadi meskipun suku bunga meningkat tetapi nilai cicilan bisa menjadi lebih kecil.

Denda
Anda akan dikenai denda jika terjadi keterlambatan pembayaran melewati waktu jatuh tempo. Perhitungan denda yang berlaku biasanya dihitung berdasarkan persentase denda yang berlaku dikali total angsuran dikali jumlah waktu keterlambatan. Artinya, semakin lama Anda menunda pelunasan tagihan atau cicilan kredit, maka beban denda akan semakin besar. Namun, perhitungan denda ini bisa berbeda tergantung kebijakan dari perusahaan pembiayaan yang Anda gunakan.

Penalti pinjaman
Melunasi kredit mobil lebih awal saat memiliki dana memang terlihat menguntungkan, Anda jadi tidak perlu membayar cicilan lagi dan mobil sudah bisa sah menjadi milik Anda. Namun berhati-hatilah dengan adanya penalti pinjaman, yaitu biaya yang dibebankan pada debitur ketika melunasi kreditnya lebih awal dari tenor yang telah disepakati. Jumlah persentase tersebut akan bervariasi tergantung regulasi dari masing-masing perusahaan pembiayaan.

Itu adalah 4 istilah dasar yang harus Anda pahami agar tidak salah dalam mengambil keputusan saat mengajukan kredit. Semoga bermanfaat!



0 komentar:

Posting Komentar